Tuesday 8 March 2016

(MINI RISET) Pengaruh Pemberian Pupuk SP-36 Terhadap Pertumbuhan Tanaman Kacang Tanah (Arachis hypogaea L.) Pada Fase Vegetatif.



ABSTRAK
Khoiri, A. Nuruddin. 2013. Pengaruh Pemberian Pupuk SP-36 Terhadap Pertumbuhan Tanaman Kacang Tanah (Arachis hypogaea L.) Pada Fase Vegetatif. Mini riset. Jurusan Biologi Fakultas Sains Dan Teknologi Universitas Islam Negeri ( UIN ) Malang. Pembimbing : Kholifah Holil, M.Si, Ainun Nikmati Laily, M.Si, dr. Nur Laily Susanti, M.Ked.
Keyword : Tanaman kacang tanah (Arachis hypogaea L.), Pertumbuhan tanaman Arachis hypogaea L., Pupuk SP-36, Konsentrasi pupuk SP-36.
     
Tanaman kacang  tanah (Arachis hypogaea L.) saat ini cukup dibudidayakan oleh masyarakat, namun teknologi budidaya relatif tidak berkembang. Berbagai upaya dapat dilakukan mulai dari pemberian unsur fosfor (P) dengan cara memberikan pupuk SP-36 dan dengan mengkaji konsentrasi pemupukan yang optimal bagi pertumbuhan Arachis hypogaea L. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh pemberian pupuk SP-36 dan konsentrasi pupuk SP-36 yang optmal memicu pertumbuhan tanaman Arachis hypogaea L.
Penelitian ini, terdiri dari 3 perlakuan yang masing – masing perlakuan di ulang sebanyak 3 kali ( Pot A = 0 gr/100 mL, Pot B = 0,3 gr/100 mL, dan Pot C = 0,6 gr/100 mL ) dan disiram sehari dua kali yaitu tiap pagi dan sore hari dengan banyak tiap siraman yaitu 100 mL, serta dilakukan penjarangan sehingga hanya terdapat satu tanaman per pot. Parameter pengamatannya adalah tinggi tanaman,  panjang daun dan julmah daun tanaman Arachis hypogaea L.
Hasil penelitian ini adalah pemberian pupuk SP-36 dapat memberikan pengaruh nyata pada pertumbuhan tanaman Arachis hypogaea L. yaitu pada tinggi tanaman , panjang daun dan jumlah daun . konsentrasi pupuk SP-36 yang optimal memicu pertumbuhan tanaman Arachis hypogaea L. yaitu pada konsentrasi 0,6 gr/100 mL dengan hasilnya yaitu tinggi rata-rata 26.025 cm, rata-rata panjang daun 5,025 cm, dan rata-rata jumlah daunnya 44,25 cm.

1 comment:

Sleep Loss and College Student Performance

The college experience is of great value in providing emerging adults with a structured environment in which they can gain the knowledge, sk...